Mengapa Indent Motor Anda Lama Sekali ?

Bayangkan saja, ketika Anda sangat ingin memiliki sebuah motor Honda baru dengan didukung kemampuan untuk membayarnya secara langsung, namun pada akhirnya pihak dealer hanya meminta Anda untuk indent selama jangka waktu tertentu sebelum motor pesanan Anda siap untuk Anda miliki.

Bahkan, sebagian dari Anda mungkin sudah merasa jenuh karena harus menunggu lebih lama dibandingkan yang dijanjikan sales yang membantu anda.

Hal seperti ini sering sekali kita dengar di dealer tempat membeli motor. Di artikel ini kita akan membahas beberapa alasan mengapa indent motor anda cukup lama.

Alasan 1: Indent Motor Anda Lama Dikarenakan Permintaan Jauh Lebih Banyak Dibandingkan Persediaan (Kapasitas Produksi)

Pada umumnya setiap tahunnya pihak ATPM (pabrik) sudah memiliki rencana jumlah motor yang akan diproduksi dari beberapa bulan sebelumnya. Perhitungan jumlah produksi ini dipengaruhi beberapa faktor seperti :

  • Market research akan permintaan produk terutama pada produk baru yang akan dilaunching.
  • Kapasitas produksi dari pabrik

Dikarenakan faktor faktor ini maka akan amat sulit bagi pihak pabrikan (ATPM) untuk menambah kapasitas produksi apabila ada produk tertentu yang “meledak” jumlah permintaannya. Hal ini pernah kita alami saat Honda Scoopy pertama kali direlease dan butuh indent hingga 3 bulan untuk memilikinya. Tidak lupa juga pada saat pertama kali Vario Techno dirilis yang dibutuhkan indent relatif cukup lama. Satu satunya opsi adalah menunggu jangka waktu indent.

Alasan 2: Indent Motor Anda Lama Dikarenakan Faktor Dealer

Salah satu alasan indent motor anda lama juga bisa dikarenakan faktor dealer dimana anda membeli. Setiap dealer memiliki kapasitas penjualan berbeda dan tentunya “jatah” motor tertentu juga berbeda mengikuti kapasitas penjualannya.

Sebagai contoh misalnya Dealer A menjual 500 unit per bulan dan Dealer B menjual 100 unit per bulan. Apabila setiap dealer mendapat jatah Honda Scoopy sebanyak 10% maka Dealer A akan mendapat 50 unit Honda Scoopy sedangkan Dealer B hanya mendapat 10 unit Honda Scoopy.

Ditambah lagi dengan pilihan warna Honda Scoopy yang cukup bervariasi dan jumlah “jatah” yang sedikit maka akan makin sulit lagi untuk beberapa warna tertentu.

Saran dari kami untuk kasus seperti ini adalah anda membeli motor Honda anda di Dealer yang terpercaya dan ramai penjualannya.

Alasan 3: Indent Motor Anda Lama Dikarenakan Motor Yang Anda Inginkan Adalah Motor Import (CBU)

Ada beberapa tipe motor yang saat ini masih disediakan melalui proses import. Pada saat artikel ini ditulis, motor Honda CBR150, CBR250 dan PCX masih disediakan melalui full proses import. Karena melalui import, ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan proses indent yang relatif lama:

  • Faktor bea cukai
  • Faktor kelengkapan surat surat untuk proses balik nama
  • Faktor jadwal import

Untuk tipe motor CBU ini, tidak banyak yang bisa dilakukan dari pihak dealer untuk mengakomodir permintaan pasar karena memang barangnya tidak bisa didapatkan.

Alasan 4: Indent Motor Anda Lama Dikarenakan Faktor Bencana Alam Negara Lain

Ada beberapa tipe motor yang masih menggunakan sparepart produksi dari pabrik negara lain. Pada saat artikel ini ditulis, Honda CB150R Streetfire masih menggunakan beberapa sparepart import.

Apabila negara tersebut mengalami bencana alam (contoh Thailand yang terkena bencana banjir) maka ada kemungkinan melambatnya produksi motor tersebut di negara kita.

Konklusi

Sekarang anda sudah mengerti kan kenapa beberapa tipe motor perlu indent dulu. Kami sarankan agar anda terus membuka komunikasi dengan dealer dimana anda memesan. Apabila anda ingin membeli motor melalui kami, tanyakanlah lama indentnya kepada staff kami karena kami selalu terbuka kepada anda. Anda bisa lihat langsung disini daftar lama indent motor Honda yang terupdate untuk pembelian di dealer kami. Nah bagaimana pengalaman anda membeli motor baru ?

Baca juga artikel dibawah ini